Categories
Academics Article ASM Featured Student

Tutorial: Penggunaan Aplikasi E-Learning untuk Mahasiswa Perguruan Tinggi LEPISI

Berikut merupakan tutorial penggunaan aplikasi E-Learning untuk mahasiswa STIE BISMA LEPISI dan ASM LEPISI.

Login

Untuk menggunakan aplikasi E-Learning, mahasiswa harus melakukan login ke aplikasi terlebih dahulu. Langkah-langkah untuk login ke aplikasi E-Learning adalah sebagai berikut:

  1. Buka halaman web https://kelas.lepisi.ac.id/
  2. Klik tombol Log in yang terletak di sisi kanan atas halaman web.
  3. Setelah berada di halaman login, tuliskan username dan password pada kolom yang tersedia. Setelah diisi dengan tepat, klik tombol Log in.
  4. Jika Anda baru pertama kali login, akan muncul dialog untuk mengganti password Anda. Silahkan ganti password Anda dengan password yang Anda inginkan. Tuliskan password saat ini dan password baru Anda, lalu tuliskan ulang password baru Anda pada kolom yang disediakan.
  5. Password baru yang Anda tuliskan, harus mengandung minimal 1 digit angka, minimal 1 huruf kapital, dan minimal 1 simbol, serta harus terdiri atas minimal 8 karakter total. Jika password yang Anda tuliskan belum sesuai kriteria, maka akan muncul peringatan seperti gambar di bawah ini.
  6. Setelah menuliskan password baru sesuai kriteria, klik tombol Save changes untuk mengganti password saat ini dengan password baru yang Anda tuliskan.
  7. Jika berhasil, maka akan muncul informasi bahwa password berhasil diubah. Klik tombol Continue.
  8. Anda akan tiba pada halaman Dashboard. Jika Anda pertama kali mengunjungi Dashboard maka akan muncul dialog pengenalan interface. Anda dapat mengikuti dialog tour ini dengan klik tombolĀ Next atau dapat langsung menutup dialog dengan klik tombol End tour atau tombol silang yang terletak pada sisi kanan atas dialog.
  9. Hal yang selanjutnya harus dilakukan adalah memastikan email pada profil Anda sudah benar. Jika email Anda belum benar, maka Anda dapat menggantinya dengan email yang benar.
  10. Untuk mengganti email, klik nama Anda yang tertera pada sisi kanan atas halaman, dan akan muncul menu baru. Klik tombol Profile.
  11. Setelah berada di halaman profile, klik tombol Edit profile.
  12. Pada halaman edit profile, tuliskan email Anda pada kolom Email Address. Selanjutnya klik tombol Update profile yang terletak pada sisi bawah halaman. Anda dapat mengubah profil Anda yang lain, seperti mengganti foto, kota tempat tinggal, dll sebelum klik tombol Update profile.
  13. Setelah tiba kembali di halaman profile, pastikan saat ini email Anda sudah benar.
  14. Anda dapat melihat mata kuliah yang Anda ambil pada sisi sebelah kiri halaman.

Demikian tutorial penggunaan aplikasi E-Learning untuk Mahasiswa STIE BISMA LEPISI dan ASM LEPISI. Untuk tutorial lebih lengkap dan mendalam, Anda dapat mengunjungi Dokumentasi Resmi Moodle (Quick Start Guide).